Jadi Anda merencanakan petualangan besar dan negara tujuan Anda membutuhkan bukti imunisasi terhadap demam kuning; ingin tahu apa itu demam kuning dan bagaimana cara mendapatkan vaksin dan sertifikasi untuk membuktikannya? Banyak pelancong dipengaruhi oleh persyaratan sertifikasi, tetapi jika Anda pergi ke daerah tropis atau subtropis di Afrika atau Amerika Selatan, hal itu sangat berlaku! Baca terus untuk mengetahui dasar-dasar tentang itu dan mengapa pencegahan begitu penting.

Demam kuning adalah virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk betina, serta kontak dengan beberapa primata. Orang yang tertular penyakit ini umumnya mengalami demam, sakit tubuh dan mual dengan muntah selama beberapa hari. Setelah masa infeksi awal, beberapa pasien sembuh tanpa masalah kesehatan jangka panjang, tetapi beberapa memasuki fase toksik kedua. Fase toksik menyebabkan kerusakan hati, dan penyakit kuning yang dihasilkan adalah alasan untuk nama “demam kuning.” Ini juga diklasifikasikan sebagai demam berdarah-dalam kategori yang sama dengan demam berdarah, Ebola, dan beberapa jenis ensefalitis-karena fase toksik penyakit ini juga menyebabkan peningkatan risiko perdarahan. Korban mungkin mengalami pendarahan internal dan muntah darah, dan gejala lain yang berkembang termasuk delirium, kejang, gagal ginjal dan hati, dan koma yang akhirnya menyebabkan kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan sekitar 30.000 kematian setiap tahun, dan, sejak 1980-an, Pusat Pengendalian Penyakit telah mencatat peningkatan kasus dan mengklasifikasikannya sebagai virus yang muncul kembali. Sebagai tanggapan, banyak negara yang terkena dampak melembagakan persyaratan vaksinasi bagi pengunjung. Karena tidak ada obat yang diketahui saat ini untuk itu, pencegahan adalah kuncinya. Beberapa praktik penting yang perlu dipertimbangkan ketika melindungi dari penyakit yang ditularkan serangga termasuk menggunakan obat nyamuk, menggantung kelambu di area tidur, dan mengenakan pakaian lengan panjang. Tetapi jika gejala-gejala ini terdengar seperti sesuatu yang ingin Anda hindari, mendapatkan vaksin demam kuning di tempat suntik meningitis adalah solusi yang aman dan efektif (dan dalam banyak kasus, wajib). Perhatikan bahwa perlu 10-14 hari untuk vaksin berlaku, jadi pastikan untuk merencanakan terlebih dahulu dalam membuat janji Anda untuk divaksinasi. Setelah Anda divaksinasi, dokter perjalanan Anda akan mengeluarkan sertifikat internasional yang membuktikan bahwa Anda telah divaksinasi, yang bagus selama sepuluh tahun. Dalam kasus yang jarang terjadi, jika seorang pelancong harus dibebaskan dari persyaratan vaksinasi karena alasan kesehatan, keringanan medis yang diterima oleh sebagian besar negara dapat dikeluarkan, tetapi para pelancong ini kemudian tetap berisiko tertular demam kuning dan perlu lebih berhati-hati untuk menghindari serangga. gigitan yang mengarah pada kemungkinan infeksi.

Bahkan jika Anda tidak mengunjungi negara di mana Anda berisiko terkena demam kuning, periksa untuk memastikan Anda tidak memerlukan vaksin; banyak negara memiliki kebijakan yang menentukan persyaratan berdasarkan apakah pelancong telah melewati negara yang berisiko demam kuning, bahkan jika itu hanya dalam bentuk singgah di bandara, jadi pastikan untuk membagikan rencana perjalanan Anda ke detail terakhir dengan kesehatan perjalanan Anda penyedia, atau Anda dapat menemukan diri Anda terjebak dalam bea cukai di tujuan akhir Anda. Situs web Pusat Pengendalian Penyakit juga berisi daftar persyaratan negara untuk bukti imunisasi demam kuning dan vaksin lainnya.

 …